google-site-verification=3O18hs-NgUlkW_OUcuRYXbBTRvDgBzWmSIx_fultZ7Y

Cara Menghapus Google Assistant di ponsel android

    Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh.
Salam sejahtera bagi sobat semua. Google Assistant adalah sebuah platform besutan dari perusaan teknologi raksasa google inc. Platform ini mempunyai banyak fitur – fitur unggulan yang memudahkan para pengguna hanya dengan perintah suara saja. Banyak orang yang sangat suka dengan platform ini karna kemudahannya. Namun mekipun demikian tidak jarang juga orang yang tidak suka dengan adanya fitur ini dengan berbagai macam alasan. Biasanya, pada perangkat besutan tahun 2014 ke atas sudah otomatis terinstall aplikasi ini.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah tutorial bagaimana cara menonaktifkan Google Assistant di android setelah sebelumnya saya sudah membuat post bagaimana Cara Menginstal Google Assistant di Android dan post saat ini adalah kebalikan dari post tersebut. Dalam hal ini ada 2 jenis penonaktifan,yaitu penonaktifan layanan dan penonaktifan tombol perangkat. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda :

-Jika sobat menonaktikan layanan,maka layanan akan otomatis tidak aktif,namun masih dapat di akses melalui tombol (sesuai pengaturan pada perangkat) dan akan muncul perintah untuk mengaktifkan layanan google assistant.
-Jika sobat menonaktifkan tombol pintas layanan pada perangkat,maka layanan masih tetap aktif dan berjalan,namun pengguna tidak dapat mengakses secara langsung seperti sebelumnya.

Sobat bisa pilih salah satu dari jenis penonaktifan ini, tapi agar lebih efisien saya sarankan nonaktifkan keduanya. Untuk caranya sobat bisa ikuti tutorial di bawah. Setiap perangkat berbeda setting namun tidak jauh berbeda. Di tutorial ini saya menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 6 Miui 11.

Cara Menonaktifkan Layanan Google Assistant

Pertama buka aplikasi Google kemudian tap pada menu lainnya (3 titik di pojok kanan bawah) dan pilih setelan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

Cara menonaktifkan google assistant
Cara me-non-aktifkan google assistant

Setelah masuk di menu setelan, berikutnya pilih asisten google. Setelah itu tap pada menu asisten scroll ke bawah akan ada menu layanan asisten,kemudian tap pada opsi telepon. Untuk lebih jelasnya simak gambar di bawah.

Cara menonaktifkan google assistant
Cara menonaktifkan google assistant
Cara menonaktifkan google assistant

Setelah itu akan muncul beberpa opsi menu asisten telepon,sobat tinggal klik tombol off pada menu asisten goole dan selesai. Untuk lebih jelasnya simak gambar di bawah.

Cara menonaktifkan google assistant
Cara menonaktifkan google assistant

Cara Menonaktifkan Tombol Pintas Layanan Google Assistant

Untuk tutorial ini sekali lagi saya tegaskan,saya menggunakan perangkat Xiaomi Redmi 6 Miui 11. Pada perangkat lain mungkin berbeda,tapi tidak jauh berbeda dan hampir sama saja.

Pertama buka pengaturan. Setelah itu klik pada menu setelan tambahan. Setelah itu tap pada menu tombol pintas. Setelah itu cari dan klik opsi Pintasan Tombol Google Assistant, pilih tidak ada atau nonaktifkan. Kembali ke menu setelan tambahan,kemudian scroll ke paling bawah, nonaktifkan opsi “tahan 0,5 detik untuk mebuka google assistant”.
Selesai.

Sekian tutorial ini saya buat. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata Wallahul Muwafiq Ilaaha Wamitthoriq Tsummassalaamualaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh.

Cara Menghapus Google Assistant di ponsel android